ガムラン&ワヤンHANA★JOSSのイベント情報です。
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Mocopat
Mocopat termasuk salah satu kesenian Jawa
yang semakin berkurang piminatnya apalagi orang muda,
mungkin dianggap seni kuno ataupun kurang energis
atau kurang mewah.
Dalam seni karawitan sendiripun demikian.
Menurut saya mocopat justru merupakan seni yang adiluhung [seni tinggi baik dari segi seni suara ,sastranya sendiri maupun segi budaya etikanya .
Mocopat itu sering diartikan "moco papat papat",
artinya membaca sajak-sajak.
Di dalam youtube bisa lihat sajian Mocopat.
Mocopat menyajikan tembang2 kuno Jawa antara lain
Kinanthi,Mijil,Sinom,Asmarandana,Gambuh,Dhandanggula,Durma,Megatruh,Maskumambang,Pankur dan Pocung.
Selain disajikan dalam mocopat tembang2 ini biasanya digunakan sebagai syair
sajian karawitan.
Sajian mocopat bisa disajikan tanpa iringan gamelan apapun
tapi bisa juga diiringi instrumen gender.
Lihat youtube ini teringat masa SD.
Sering saya ikut lomba Mocopat tataran SD dari Kecamatan
sampai tingkat Provinsi.
Sering mendapat juara.
Masa-masa kecil yang bahagia,dapat penghargaan medali,
piagam banyak,diajak ke mana-mana untuk makan oleh guru setelah
latihan mocopat.
Bisa libur sekolah juga karena harus ikut lomba Mocopat.
Masa inilah yang merupakan keberangkatan saya
masuk dunia seni karawitan.
Di dalam youtube pemainnya semua temanku juga guruku.
Temanku di Jawa hampir semua orang tua.
Saya itu termasuk orang tertinggal jaman lelaki trendi.
Tidak punya motor,tidak punya HP,tidak punya pakaian bagus,
punyanya gender,kendang dan wayang dan teman2 orang tua penabuh
gamelan.
Inilah kekayaanku.
モチョパッはジャワの芸能の一つで,若者を中心に関心を持つ人がだんだん少なくなっています。
古いとか、のりがいまいち、とか、ぱっとしない、とかそういう風にとられているのかな。
それは、伝統音楽の分野においてもそうです。
だけど、私はむしろ思います、
モチョパッは、歌声や文学、文化において高い芸術性を誇るものだと思う。
モチョパッはよく「モチョ パパッ パパッ」
と意味づけられる。
それは、「詩を読む」というような意味。
youtubeの中でモチョパッの上演風景を見ることができる。
モチョパッはジャワの古い詩を歌う。
キナンティ、ミジル、シノム、アスモロンドノ、ガンブ、ダンダングロ、ドゥルモ、ムガトゥルッ、マスクマンバン、
パンクル、そしてプチュン。
モチョパッで歌われる以外に、この詩はガムランの歌詞として使われています。
モチョパッは楽器の伴奏なしに歌われる、
でも、グンデルによって伴奏することもできる。
この映像を見ていると、小学校を思い出す。
私は小学校の時、県や市で行われるモチョパッのコンクールに出ていました。
よく入賞もしました。
小さい時の幸せな思い出です、メダルがもらえたり、賞状もたくさん、
練習後に先生にいろんなところに連れて行ってもらって、ごちそうになったりしました。
コンクールに出るために学校を休むこともできました。
この時代が、私の伝統芸能を学ぶ出発点です。
この映像の中の演奏者はみんな私の友達であり、先生です。
ジャワの私の友達はほとんどみんな歳寄り。
私は若者の流行に取り残された人間です。
バイクも持ってなかったし、携帯電話もなかったし、
かっこいい服も持ってなかったし、
あるのは、グンデルと太鼓とワヤンと、年上のガムランの演奏仲間だけ。
でもこれが私の宝物。

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by hanajoss | 2010-02-06 22:16 | 日記Rofit,Hiromi
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